Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Manado, menekankan lima hal penting bagi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Gorontalo dan Toli Toli yang baru dilantik.

Danlantamal VII Manado, Laksamana Pertama TNI Angkatan Laut RM Harahap, Jumat, mengatakan, bahwa penekanan bagi prajurit dan Danlanal Gorontalo serta Toli-Toli yang pertama adalah, keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa harus ditingkatkan.

Hal itu sebagai landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas, bermasyarakat, serta berbangsa dan bernegara.

Penekanan yang kedua adalah harus mengikuti perkembangan dan kecendrungan agar langkah-langkah antisipasi bisa dilakukan untuk memelihara momentum pembangunan nasional, dan menjaga stabilitas keamanan secara profesional maupun proporsional.

"Yang ketiga, harus meningkatkan pemeliharaan dan perawatan terhadap alat utama serta sarana prasarana TNI Angkatan Laut," kata Harahap.

Dia menambahan, selain itu pengawasan dan pembinaan terhadap satuan perlu ditingkatkan untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dapat berdampak pada kewibawaan TNI.

Kemudian kata Harahap, penekanan yang keempat adalah kesiapan operasiona satuan dalam rangka tugas perbantuan kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) maupun Pemerintah Daerah (Pemda), harus ditingkatkan juga demi suksesnya optimalisasi peran TNI Angkatan Laut.

"Yang terakhir, solidaritas satuan serta disiplin, dedikasi, dan loyalitas prajurit harus ditingkatkan, juga demi kokohnya integritas TNI Angkatan Laut," ujar Harahap.

Sebelumnya, Danlanal Gorontalo dan Toli-Toli resmi diganti, melalu rangkaian kegiatan serah terima jabatan yang dipimpin oleh Danlantamal VIII Manado, RM Harahap.

Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo digantikan oleh Letkol Laut (P) Muchamad Riza, dan Danlanal Toli-Toli Letkol Singgih Sugiarto digantikan oleh Letkol Laut (P) Muhammad Syamsudin.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013