Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati Gorontalo Utara, Roni Imran, mengajak warganya untuk menjaga kebersihan pantai sebagai salah satu perwujudan masyarakat desa sadar wisata.

Hal itu ia ungkapkan dalam sambutannya pada pembukaan Festival Bahari 2017 di Desa Pasalae, Kecamatan Gentuma Raya, yang merupakan agenda pariwisata pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah itu.

"Kebersihan pantai sangat penting dijaga, apalagi daerah ini memiliki 78 desa di wilayah pesisir yang membentang di sepanjang 317 kilo meter panjang pantai dari timur Kecamatan Atinggola hingga wilayah barat di Kecamatan Tolinggula," ujarnya.

Kebersihan pantai pun kata dia, sangat menunjang program pariwisata yang akan menonjolkan objek wisata bahari dan terfokus pada wisata pulau.

"Dukungan masyarakat terhadap upaya pemerintah daerah dalam menunjang program unggulan ini, diantaranya melalui sadar wisata dengan menjaga kebersihan pantai," ujarnya.

Wakil Bupati mengaku, pemerintah daerah pun sementara merancang peraturan daerah terkait pembangunan rumah di wilayah pesisir yang akan mengatur agar seluruh rumah atau pemukiman pantai menghadap ke pantai.

Biasanya, masyarakat di wilayah pesisir membangun rumah dengan membelakangi pantai atau bagian dapurnya yang menghadap langsung ke pantai.

"Tradisi ini akan kita rubah, agar masyarakat bisa membangun rumah menghadap pantai pun untuk menghilangkan kebiasaan membuang sampah langsung ke pantai," ujar Wakil Bupati.

Hal itu penting diwujudkan, sebagai upaya membangun desa sadar wisata mengingat wilayah pesisir daerah ini sangat potensial sebagai kawasan wisata.

"Jika pemukiman warga menghadap ke laut, maka kebersihan pantai ikut terjaga dan potensial menjadi rumah wisata yang bisa disewa para wisatawan seperti di beberapa daerah pariwisata di Indonesia," ujarnya.

Fokus peningkatan sektor pariwisata di daerah ini kata Wakil Bupati, melibatkan pemerintah desa secara langsung agar bisa berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah terkait, dalam rangka pengembangannya.

"Saya berharap, warga mendukung total upaya pembangunan pariwisata bahari di daerah ini. Dukungan paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan pantai," ujar Wakil Bupati.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017