Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Tim gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan, PKK Kabupaten Gorontalo, dan Balai Pengawas Obat dan Makanan melakukan inspeksi mendadak (sidak) kantin sehat di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Jumat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo, Nani Mokodongan mengatalan kegiatan itu dilakukan untuk membiasakan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi berimbang dan aman.

"Program dinas ketahanan pangan pada bidang komsumsi dan keamanan pangan dan jadwal ini akan berlanjut terus hingga pada kantin-kantin sekolah se Kabupaten Gorontalo dalam rangka pastikan keamanan makanan lokal bersih dan sehat," katanya.

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway menambahkan, kegiatan itu adalah program yang harus dilaksanakan.

"Tujuannya adalah melihat kantin itu dari ragam menunya, cara penyajian dan cara penyimpanan makanan setelah dimasak. Dan yang paling utama adalah sisi ," kata Fory.

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo itu juga mengimbau kepada para pemilik kantin agar memilih sajian aneka ragam menu yang sehat dan menu makanan berbahan makanan lokal.

"Kami meminta agar para pemilik kantin menata dan membersihkan tempat penyimpanan makanan ketika dijajakan dengan juga memelihara kebersihan dan lingkungan sekitar kantin," ia mengungkapkan.

Sementara itu, Sumiyati Haslinda Kepala Seksi pemeriksaan penyidikan sertifikasi dan layanan informasi konsumen BPOM Gorontalo menjelaskan sidak tersebut pada dasarnya melihat langsung dari sisi kebersihannya serta bagaimana cara pengelola kantin melakukan pengelohan bahan lokal pangan.

"Alhamndulillah sesuai sidak hari ini rata-rata kantin di SKPD Pemkab Gorontalo sudah lumayan bersih, namun masih harus meningkatkan aspek kebersihan," ia menambahkan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017