Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh menyerahkan penghargaan "Anugerah Bintang Demokrasi" kepada penyelenggara pemilu, indikatornya TPS dengan partisipasi pemilih terbanyak, TPS paling meriah dan aman pada Pilkada 2017.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo Adrian Lahay, Kamis, mengatakan penghargaan Anugerah Bintang Demokrasi tahun 2017 bertujuan untuk menumbuhkembangkan semangat masyarakat dalam menyukseskan Pilkada Gorontalo.

"Sekaligus memberikan motivasi kepada penyelenggara pemilu, untuk mewujudkan Pilkada yang jujur, kredibel dan bermartabat," kata Adrian.

Penghargaan ini juga adalah sebagai bentuk dan peran pemerintah daerah untuk menanamkan dan menumbuhkan etika demokrasi kepada masyarakat.

"Namun kegiatan malam penganugerahan ini sebagai bentuk silaturahim bagi seluruh elemen masyarakat pascapilkada pada Februari 2017," jelasnya.

Di dalam mengidentifikasi, penilaian dan perekapan nilai dilakukan pada 1.979 TPS, secara berjenjang pihaknya terus melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan KPU maupun pemerintah kabupaten/kota.

"Pemerintah Provinsi Gorontalo pada akhirnya melakukan penilaian, mulai dari tingkat TPS, Desa, Kecamatan hingga tingkat kabupaten/kota," ujar Adrian.

Di dalam pelaksanaan penilaian ada beberapa kategori yang menjadi indikator penilaian, yaitu, TPS terindah, partisipasi tertinggi dan serta beberapa indikator lainya.

Tidak hanya itu, untuk partisipasi pemilih tertinggi juga diberikan penghargaan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten/kota.

Adapun TPS yang mendapat penghargaan anugerah bintang demokrasi adalah juara pertama diraih TPS 1 Desa Tingkohubu, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, peringkat kedua TPS 1 Desa Monkonow, Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara, peringkat ketiga TPS 1 Desa Pentadu, Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato.

Sementera untuk juara harapan satu diraih TPS 1 Desa Barakati, Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo, juara harapan kedua TPS 3 Desa Lamu Kabupaten Boalemo, dan juara harapan tiga TPS 5 Kelurahan Donggala, Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo.

Sementara untuk pemenang partisipasi tertinggi tingkat desa/kelurahan, yaitu diraih Desa Karangetan Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato, tingkat kecamatan diraih Kecamatan Bolango Ulu Kabupaten Bone Bolango.

Dan partisipasi tertinggi tingkat kabupaten/kota dari lima kabupaten dan satu kota di Gorontalo diraih oleh Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017