Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo memberi materi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) yang diikuti 350 peserta di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

"Alhamdulillah Kabupaten Gorontalo diundang sebagai pemateri, karena HAKLI melihat kita sangat konsentrasi pada masalah lingkungan," kata Nelson.

Tema pada kegiatan tersebut yaitu "Melalui Lokakarya nasional Kesehatan Lingkungan HAKLI Bertekad memperkuat Kesehatan Lingkungan Sebagai Wujud Upaya Pencegahan penyakit Dalam Rangka Peningkatan Kesehatan Keluarga dan Masyarakat".

Kata Nelson, bisa dilihat melalui Rancangan Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD), anggaran, kelembagaan dan regulasi dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Kita berharap bisa berkontribusi dalam membangun lingkungan di Indonesia, khususnya di Gorontalo," harapnya.

Oleh karena itu kata Nelson, saat ia kembali Gorontalo, ia akan bertemu ahli kesehatan lingkungan di daerah untuk membangun lingkungan dengan baik melalui profesi mereka.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo memiliki 19 program lingkungan dan Adaptasi Perubahan Iklim (API) yang dimasukan ke dalam rencana kerja sembilan SKPD terkait dan RKA 2017.

Selain itu, Pemkab Gorontali juga menyiapkan anggaran sebesar Rp53,9 miliar atau 10,5 persen dari total APBD 2017 juga telah dialokasikan guna mengimplementasikan program API.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017