Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo melakukan uji coba bantuan mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Ehime Jepang di Limboto, Selasa.

Bupati Nelson Pomalingo menjelaskan bahwa dua unit damkar itu akan di tempatkan di Kecamatan Limboto satu unit dan satu unit lainnya di Kecamatan Boliyohuto karena jaraknya yang jauh dari pusat pemerintahan.

"Dua unit mobil damkar dari Jepang ini berbeda dengan mobil yang sudah kami miliki, sehingga cara mengoperasikannya pun beda," kata Nelson.

Namun untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya sudah mengirimkan beberapa orang petugas pemadam kebakaran ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk mengikuti pelatihan pengoperasian mobil tersebut.

"Alhamdulillah pada uji coba kemarin, para petugas sudah mampu dan lihai mengoperasikannya, sehingga mobil dari Jepang ini sudah siap untuk dimanfaatkan," katanya.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo berencana untuk mendatangkan satu unit tangki air untuk mendukung mobil pemadam kebakaran yang sudah ada.

Selain menguji coba mobil pemadam kebakaran, Nelson juga memeriksa satu unit mobil ambulance yang juga merupakan bantuan dari Jepang.

"Mobil ambulance ini sangat bagus, didalamnya sudah terdapat perlatan medis yang lengkap dan bahkan bisa melaksanakan operasi," ujar Nelson.

Hal itu menurutnya dapat menunjang penanganan medis dengan lebih cepat bagi pasien yabg dijemput langsung oleh ambulance tersebut.

"Bantuan yang kami dapatkan dari Ehime Jepang ini berkat kerja sama yang telah kami bangun," ujarnya.

Nelson Pomalingo menambahkan, jika daerah tersebut ingin maju, maka dibutuhkan kerja sama dan juga menggaet investor dari daerah lain dan luar negeri.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017