Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Guberur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim mengingatkan Bupati dan Wakil Bupati Boalemo yang baru dilantik, Darwis Moridu-Anas Yusuf, agar dalam menyusun program harus mampu mendongkrak perekonomian rakyat.

Wagub berharap kepada Darwis Moridu agar dapat meneruskan program pembangunan yang sudah dilakukan oleh bupati dan wakil bupati sebelumnya, yang dibantu Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo.

"Cukup banyak program di antaranya adalah sektor perkebunan sawit, pembangunan pelabuhan. Selama masih ada dana dan program itu memang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat silahkan diteruskan," kata Idris saat menghadiri serah terima jabatan, penjabat Bupati Boalemo ke Bupati definitif periode 2017-2022.

Wagub juga berharap agar segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) maupun Recana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan ini hanya diberikan waktu selama enam bulan setelah pelantikan.

Setelah itu segeralah menyusun rencana kerja pemerintah daerah, dan tentu dalam menyusun ini tidak lain didasarkan pada visi-misi program strategis yang disampaikan pada saat kampanye kemarin.

"Dalam menyusun ini tentu dibantu oleh pejabat ASN Pemkab Boalemo, dan juga saran dan masukan dari DPRD kabupaten Boalemo," jelasnya.

Ditegaskan, program yang prioritas jangan terlalu banyak, lihatlah mana potensi dan kemampuan anggaran, terpenting yang mampu meningkatkan perekonomian masyaraka di Kabupaten Boalemo.

Karena angka kemiskinan di Boalemo masih cukup tinggi, begitu juga dengan pengangguran, sehingga diperlukan pemikiran bersama baik itu pemerintah serta semua pihak lainya.

"Ada hal yang tantangan mereka ke depan, karena Bupati adalah orang yang lama bergelut dengan pertanian, dan wakil bupati adalah insiyur pertanian, maka sektor pertanian harus bisa lebih tumbuh," tegas Idris.

Sehingganya sektor pertanian harus terus digenjot karena pertanian merupakan sebagai potensi yang sangat mendasar di Kabupaten Boalemo.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017