Gorontalo, ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou membahas sejumlah kendala beberapa proyek strategis nasional yang tertuang Perpres nomor 3 tahun 2016, tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

Gubernur Rusli Habibie menjelaskan ada beberapa kendala proyek yang dibahas, salah satunya adalah pembangunan waduk atau bendungan Bone Hulu dan Bulango Hulu, selain itu juga membahas percepatan pembangunan jalan.

"Untuk bendungan Bone Hulu dan Bolango Hulu, pada prinsipnya masyarakat sudah setuju, dan Bupati sudah mengeluarkan surat resmi untuk pembangunan kedua waduk tersebut, artinya kendalanya sudah tidak ada lagi," kata Rusli, Selasa.

Selain itu, untuk percepatan pengembangan jalan dari pelabuhan Gorontalo menuju kecamatan Taludaa yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Utara, karena ada beberapa yang terkendala dengan pembebasan lahan.

Tidak hanya itu, termasuk pengembangan kawasan wisata Olele yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya, ada anggaran dari kementerian pariwisata untuk membangun "Dive Center", sempat dilaporkan terkendala dengan lahan, namun hari ini semuanya sudah tuntas.

"Bupati juga mengusulkan untuk pembangunan jalan dari kawasan Bone Pesisir menuju Kecamatan Suwawa ibu kota Kabupaten, serta usulan jalan dari Kecamatan Tapa menuju Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara," ujar Rusli.

Pihaknya akan berupaya agar jalan tersebut masuk jalan strategis nasional. Ia juga berharap agar semua usulan ini bisa dikerjakan, namun komunikasi dan koordinasi tidak putus, sehingga ketika ada kendala bisa langsung dikomunikasikan.

"Kalau komunikasi antar kepala daerah terputus maka yang dirugikan adalah rakyat, sehingga pertemuan seperti ini menghadirkan bupati/walikota daerah akan terus dilaksanakan," tambahnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017