Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 932 personil Polisi akan dilibatkan dalam operasi Ramadniya Otanaha 2016 yang akan digelar guna menjamin rasa aman dan tertib masyarakat merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah.

Personil Kepolisian yang dilibatkan terdiri dari 192 orang dari Polda Gorontalo dan 740 orang dari Polres jajaran.

Kepala Biro Operasi Polda Gorontalo, Kombes Pol Syamsu Riani Darussalam selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi Ramadniya 2017, mengatakan, operasi ramadniya otanaha 2017 untuk mewujudkan situasi dan kondisi kamtibmas yang aman dan terkendali sebelum, saat serta pascaIdul Fitri 1438 Hijriah.

"Operasi Ramadniya akan digelar selama 16 hari dan operasi ini adalah operasi kemanusian dan bukan operasi penegakan hukum," ia mengungkapkan.

Kegiatan tersebut akan dilaksankan pada 19 Juni hingga 4 Juli 2017 nanti di seluruh wilayah di Provinsi Gorontalo.

"Fokus kegiatannya adalah memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, yang akan disebar di seluruh wilayah Gorontalo. Terutama daerah-daerah yang rawan dengan potensi kemacetan dan tindak kriminal," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono menambahkan, Polda Gorontalo telah menyelenggarakan rapat koordinasi dengan lintas sektoral dalam rangka mempersiapkan diri, guna menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi menjelang hari raya hingga lebaran ketupat nanti.

Berbagai persoalan yang dihadapi pada pelaksanaan Operasi Ramadniya 2016 lalu di evaluasi sehingga persoalan-persoalan tersebut diharapkan tidak muncul kembali, khususnya masalah cara bertindak antar instansi yang harus sepaham saat menghadapi suatu kejadian.

"Pada rapat itu juga membahas tentang antisipasi dampak cuaca yang saat ini terjadi di Gorontalo, dimana curah hujan cukup tinggi, hal ini bisa berdampak terhadap terjadinya bencana alam, agar sudah disiapkan segala sesuatunya," kata Wahyu.

Polda Gorontalo didukung instasi terkait dan mitra masyarakat siap melaksanakan Operasi Ramadniya Otanaha 2017, guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Gorontalo yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017