Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Warga Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo ramai membeli bambu muda untuk kebutuhan memasak nasi jaha atau nasi yang dimasak di dalam bambu untuk perayaan Lebaran Ketupat, Sabtu.

Asna Hatta, salah seorang warga yang membeli bambu muda di lapak pedagang bambu dadakan di Desa Ombulo, mengatakan ia membeli 25 batang bambu untuk kebutuhan memasak nasi jaga.

"Ini sudah menjadi tradisi keluarga kami, tiap tahun membeli bambu untuk memasak nasi jaha yang akan disajikan dan dibagikan kepada kerabat maupun warga yang berkunjung ke rumah kami," ujarnya.

Hal senada dikatakan Yudan Mouko, ia membeli bambu untuk membuat 125 ruas nasi jaha untuk di bagikan kepada warga.

"Tahun ini saya menyiapkan 50 kg beras, jadi butuh 125 ruas bambu, sudah jadi tradisi kami untuk memasak kuliner khas Lebaran Ketupat ini," ia menjelaskan.

Sementara itu, Yunus salah seorang pedagang bambu di Desa Ombulo mengaku menyiapkan 500 batang bambu untuk dijual pada Lebaran Ketupat tahun ini.

"Tiap batang bambu saya jual Rp5.000/batang, dalam satu batang bisa dipotong menjadi empat ruas," ia mengungkapkan.

Dalam sehari, Yunus dapat menjual 50 hingga 70 batang bambu yang dibawa dari daerah Gorontalo Utara dan di Jual di daerah itu.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017