Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Partai Hanura Provinsi Gorontalo, memastikan hanya akan mengusung Calon Bupati (Cabup) berlatar belakang politisi atau orang partai pada Pilkada 2018 di Kabupaten Gorontalo Utara.

"Hanura hanya akan mengusung politisi atau orang partai pada Pilkada Gorontalo Utara maupun Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Kota Gorontalo 2018, karena beberapa alasan terkait kebesaran partai," ujar Adhan Dambea, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Gorontalo, Jumat di Gorontalo.

Adhan menjelaskan, berdasarkan pengalaman partai terhadap kepentingan membesarkan partai, maka yang sangat diinginkan adalah Cabup atau Kepala Daerah dari orang partai yang sudah tentu memiliki perhatian untuk partai.

Pengalaman sebelumnya jangan sampai terulang lagi, ketika partai mengusung bukan kader atau dari kalangan berlatar belakang bukan orang partai, seperti birokrasi.

Sebab yang terjadi selama ini, adalah figur atau calon yang diusung bukan kader atau orang partai hanya sampai pada menggunakan kendaraan partai.

"Setelah menang, selamat tinggal partai. Kondisi tersebut tidak boleh terulang lagi," ujar Adhan pada kunjungannya di DPC Hanura Gorontalo Utara.

Maka kata dia, Hanura sangat berpihak pada orang yang peduli terhadap partai, orang yang mengetahui kehidupan partai, orang yang punya komitmen terhadap bagaimana membangun partai.

"Hanya orang partai yang pasti membangun partai, kalau bukan orang partai atau dari kalangan birokrasi saja maka akan sulit membangun komitmen terhadap membesarkan partai, untuk Pilkada Gorontalo Utara Hanura dipastikan memprioritaskan mengusung kader atau orang partai," ujar Adhan.

Ia menambahkan partai Hanura masih akan melakukan pembenahan internal terkait apakah akan membuka proses pendaftaran penjaringan bakal Calon Bupati, maka konsolidasi mulai dari tingkat desa hingga kecamatan terus dilakukan.

Jika memang hasil rapat dari tingkat desa hingga kecamatan sepakat hanya menentukan 1 nama maka tidak perlu lagi membuka penjaringan.

Adhan memastikan, untuk Pilkada Gorontalo Utara pihaknya 90 persen akan mengusung orang partai yaitu Wakil Bupati yang kini menjabat, Roni Imran.

"Saya kira, semua partai berpikir kaderlah menjadi prioritas atau walaupun bukan kader tapi orang yang memahami dan peduli partai yang patut didukung," ujar Adhan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017