Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap pariwisata bahari yang sementara dikembangkan makin diminati pasar, baik investor yang tertarik mengembangkannya maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah ini.

Wakil Bupati Roni Imran, Selasa di Gorontalo mengatakan, deretan pulau yang dimiliki serta pantai pasir putih di wilayah pesisir, menjadi modal utama yang bisa diciptakan sebagai destinasi wisata bahari baru di Gorontalo.

Seperti keberadaan Pulau Saronde, Raja dan Huha yang sangat diminati wisatawan nusantara, bahkan setiap bulan puluhan wisatawan mancanegara datang di Pulau Raja dan beberapa pulau lainnya, untuk menikmati keindahannya selama 5-7 hari.

Saat ini, selain terus menjalin komunikasi dengan investor yang serius membenamkan modalnya mengembangkan potensi pariwisata bahari di daerah ini, pemerintah daerah pun akan terus meningkatkan infrastruktur.

Paling utama kata Wakil Bupati Roni adalah, akses transportasi laut memadai, didukung keberadaan dermaga yang akan mudah dan nyaman dijangkau wisatawan.

Selain itu, pemerintah daerah pun kata dia, akan mendorong pengelolaan sektor jasa transportasi laut yang belum optimal dimiliki.

Saat ini wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari khususnya berkunjung ke pulau-pulau, lebih banyak mengandalkan perahu mesin tempel bahkan kebanyakan memanfaatkan perahu nelayan.

Maka sektor jasa tersebut akan diupayakan lebih meningkat lagi. "Pemerintah daerah berharap, ada investor yang tertarik dan serius mengelolanya sebagai fasilitas utama yang akan mendorong peningkatan minat kunjungan pariwisata di daerah ini," ujar Wakil Bupati Roni.

Diakuinya, dalam 2-3 tahun terakhir ini, minat kunjungan pariwisata ke Gorontalo cukup meningkat karena keberadaan beberapa objek wisata bahari diantaranya Pulau Saronde dan beberapa pulau yang dimiliki di kabupaten ini.

Maka upaya-upaya meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana akan terus dilakukan pemerintah daerah agar target 12 ribu kunjungan wisatawan nusantara di tahun 2018 hingga 2019 bisa terwujud.

Dinas Pariwisata pun diminta berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dalam rangka meningkatkan promosi potensi keberadaan pulau-pulau cantik yang dimiliki sebagai destinasi wisata baru yang indah dan pasti nyaman serta menyenangkan dikunjungi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017