Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri refleksi Adaptasi Perubahan Iklim (API) di Kantor Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) Jakarta, Senin.

Menurut Nelson, Kegiatan itu bertujuan untuk merefleksikan program keberhasilan perubahan iklim di Kabupaten Gorontalo. Dengan keberhasilan itu juga maka pengakuan keberlanjutan program API akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

"Pemimpin daerah tidak boleh berpangku tangan kepada pemerintah pusat dalam hal mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengantisipasi dampak perubahan iklim, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyadari dampak perubahan iklim terhadap pertumbuhan ekonomi daerahnya terutama kepada sektor pertanian," katanya.

Oleh karena tegas Nelson, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah memasukan strategi adaptasi perubahan iklim ke dalam Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

"Program adaptasi perubahan iklim yang dilakukannya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah pusat, swasta, akademisi, dan LSM," ujarnya.

Beberapa inisiatif telah dilakukan oleh Pemkab Gorontalo yaitu gerakan bersih-bersih lingkungan, penanaman pohon, dan mengembangkan Desa Tangguh Bencana.

Sementara itu, Direktur ICCTF Tony Wage sangat mengapresiasi hasil implementasi API yang telah dilakukan Bupati Nelson Pomalingo. Karena Kabupaten Gorontalo merupakan `Pilot Project` yang dibiayai oleh ICCTF.

Bahkan, Tony akan melanjutkan program API di Tingkat Provinsi Gorontalo terutama program implementasi perubahan iklim di Kabupaten Gorontalo.

Tony mengatakan, bahwa Bupati Gorontalo beserta jajarannya telah berhasil membuat terobosan dengan memasukan agenda adaptasi perubahan iklim ke dalam RPJMD 2016-2021, sehingga kehadirannya di COP22 Maroko pada beberapa waktu itu telah memberikan inspirasi bagi daerah lain untuk melakukan hal yang sama.

"Program API dilanjutkan tingkat Provinsi Gorontalo terutama program implementasi perubahan iklim di Kabupaten Gorontalo,". Tutup Tony.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017