Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyajikan makanan khas Gorontalo berbahan dasar ikan yaitu `Bilanthango`, pada lomba masak ikan nusantara, menuju istana negara, Selasa.

Lomba yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, Femina Group dan kantor Staf Kepresidenan tersebut untuk mencari bakat dan makanan berbahan ikan untuk disajikan kepada Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus nanti.

Oskar Ibrahim (51), salah seorang peserta mengatakan, Bilanthango dipilih oleh panitia karena merupakan kuliner khas dari Gorontalo.

"Bilanthango adalah ikan jenis Nila yang dibelah, dan diisi rempah-rempah lalu digoreng perlahan hingga matang, dan saya yakin makanan ini dapat disukai oleh Presiden," keunggulan dari makanan ini juga menggunakan bahan alami tanpa MSG," katanya.

Ia mengungkapkan motivasinya mengikuti lomba tersebut karena ingin menjamu Presiden RI dengan masakan khas Gorontalo itu.

Sementara itu, Krisma Albanjar, staf khusus, Kepala Staf Kepresidenan di Gorontalo mengatakan pemenang dari lomba yang digelar disejumlah daerah di Indonesia akan memasak di istana negara karena Presiden, Joko Widodo sangat perhatian dan mendukung program seperti ini dan makanan berbasis ikan.

"Selain itu juga peserta memasak ini dapat melihat bahwa Presiden kita mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan dan mengembangkan kuliner daerah," katanya.

Untuk minat dari peserta, Krisma mengatakan animo yang luar biasa melihat banyaknya jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut.

"Kabupaten Gorontalo adalah tempat kedua dilaksanakannya lomba ini, yang pertama di Batam, lalu akan ke Biak lalu ke Pontianak, jadi setiap pulau di Indonesia akan ada penyelenggarann lomba ini," ia menambahkan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017