Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Provinsi Gorontalo tahun 2017 masih fokus pada empat program unggulan, yaitu pendidikan, kesehatan, percepatan pembangunan infrasruktur dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

"Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2017, diarahkan untuk pencapaian visi dan misi serta prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMD 2012-2017," kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Rabu.

Dijelaskannya, untuk program pendidikan diarahkan pada peningkatan pelayanan pendidikan dasar, menengah dan atas, dengan meningkatkan fasilitas dan jumlah tenaga pengajar yang memadai.

"Pemprov Gorontalo akan memberikan subsidi melalui program pendidikan gratis untuk memastikan seluruh anak usia sekolah, di kota hingga pelosok desa di Provinsi Gorontalo dapat melanjutkan pendidikannya," tambahnya.

Di sektor kesehatan, lanjut Wagub, diarahkan pada pemberian jaminan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin, Pemprov Gorontalo juga akan meningkatkan pos layanan kesehatan terpadu, puskesmas pembantu, serta meningkatkan kemampuan masyarakat pada pos kesehatan di tingkat desa.

"Sementara untuk sektor infrastruktur, perubahan APBD tahun 2017 diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dasar," urainya.

Termasuk pula dukungan untuk layanan transportasi terpadu, bidang energi, penataan pemukiman, sanitasi dan air bersih serta persampahan.

Sedangkan untuk program unggulan keempat, yaitu pengembangan ekonomi kerakyatan, diarahkan pada pengembangan sektor pertanian secara menyeluruh, kehutanan, industri, perdagangan, pariwisata, budaya, serta pengembangan usaha mikro dan kecil.

"Secara umum pelaksanaan empat program sudah dilaksanakan dengan baik dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, namun masih diperlukan penyesuaian terhadap kegiatan yang mendukung pencapaian sasaran, visi dan misi pembangunan daerah," tutur Idris.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017