Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 20 siswa SMA/SMK berprestasi di Provinsi Gorontalo akan mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) lewat program "BUMN Hadir Untuk Negeri" tahun 2017.

Tahun 2017, program BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Gorontalo akan dikoordinir langsung PT Bank Tabungan Negara (Persero), dimana akan melaksanakan sejumlah kegiatan sosial lainnya sebagai rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72.

"Siswa mengenal nusantara ini merupakan bagian dari program BUMN hadir untuk negeri, dimana 20 siswa tingkat SMA/SMK Gorontalo akan diberangkatkan ke Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat," kata Agus Susanto, Sekretaris Perusahaan PT BTN, Kamis.

Menurutnya, program BUMN hadir untuk negeri rutin diselenggarakan oleh BUMN di seluruh Indonesia, dan pada Hut RI ke-72 kali ini sudah merupakan tahun ketiga.

Ia menambahkan, kegiatan ini semata-mata untuk memupuk rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan sosialisasikan peran BUMN di 34 provinsi di Indonesia, hadir untuk negeri.

"Jadi nanti ada yang dari siswa dari Gorontalo akan ke Pontianak, begitu juga sebaliknya, sehingga lewat pertukaran pelajar ini, siswa bisa lebih mengenal nusantara," tegas Agus.

Dijelaskannya, 20 siswa-siswa yang duduk dikelas XI yang akan berangkat ini berasal dari lima kabupaten/kota di Gorontalo dan sudah melalui proses seleksi terlebih dahulu, sehingga mereka dinyatakan memenuhi syarat, selain berprestasi mereka juga memiliki cerita motivasi untuk program SMN.

Selama sepekan di Pontianak, peserta SMN asal Gorontalo ini akan tinggal dengan orang tua asuh untuk mempelajari keragaman kesenian, budaya serta ada masyarakat Pontianak, dan saling bertukar informasi.

"Begitu juga sebaliknya siswa yang dari Pontianak akan belajar keanekaragaman budaya, kekayaan alam dan nilai-nilai budaya di Gorontalo, termasuk hidup bersama masyarakat suku Bajo di Torosiaje, Kabupaten Pohuwato," tambahnya.

Para duta siswa dari Gorontalo ini nantinya berkesempatan memperkenalkan potensi pariwisata, sejarah, seni budaya, kuliner serta ciri khas daerah Gorontalo.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga berterimakasih atas keramahan dan kerja sama dari Pemerintah Provinsi Gorontalo yang selalu membantu BTN untuk terus berkoordinasi mempersiapkan dan memastikan acara BUMN Hadir untuk Negeri berjalan lancar.

"Berharap lewat program SMN ini, mereka (Siswa) bisa lebih bangga sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keragaman dan kekayaan alam nusantara, yang bisa dirasakan langsung dengan proses pertukaran informasi dan pengalaman yang mereka rasakan selama di sana," ungkapnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017