Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menjadikan lomba penilaian "adipura" tingkat kelurahan, sebagai ajang memotivasi untuk menciptakan lingkungan nyaman dan asri.

Hal itu diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid, agar masyarakat, aparatur kelurahan, dunia usaha, mau berpartisipasi untuk kebersihan lingkungan dan menjaganya agar layak ditinggali.

"Saya sangat mendukung program tersebut, karena penilaian adipura tingkat daerah sudah dimulai dari kelurahan," katanya, Sabtu.

Ia juga mengatakan, Kota Gorontalo sudah dua kali mendapatkan piala Adipura dari pemerintah pusat. Ia mengharapkan raihan itu untuk ketiga kalinya, sehingga bisa mendorong seluruh elemen masyarakat bisa berpartisipasi aktif menjaga lingkungan.

Sementara itu untuk kelurahan yang mendapatkan penilaian terbaik, lanjut Ismail, akan diberikan insentif dan penghargaan dari pemerintah daerah.

"Saat ini insentif itu dalam tahap persiapan penyusunan APBD tahun 2018 nanti," katanya.

Dari semua program itu, Ismail mengharapkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo bisa menyusun anggaran untuk insentif kelurahan, karena mereka lebih memahami kabutuhan kebersihan lingkungan.

Untuk penganggaran juga bisa bersumber dari APBD dengan melibatkan SKPD dari Pemerintah Provinsi dan dunia usaha yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

"Jika ini berhasil dilaksanakan, maka tahun 2018 nanti lebih mudah untuk menjadikan Kota Gorontalo lebih nyaman dan asri ditinggali," tutupnya.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017