Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PT Bank Tabungan Negara (BTN) mengajak siswa yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), terus menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi antarsesama.

Direktur Bank BTN, Budi Satria menjelaskan sebanyak 20 siswa-siswi tingkat SMA/SMK Provinsi Gorontalo akan mengikuti program SMN, dimana mereka akan diberangkatkan ke Pontianak, Kalimantan Barat, untuk mengenal keanekaragaman suku dan budaya di sana.

"Mereka adalah siswa-siswi kebanggaan Gorontalo yang akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga mengenali nilai seni dan budaya masyarakat Pontianak dan tinggal dengan penduduk setempat," kata Budi, Minggu.

Lewat program "BUMN Untuk Negeri" guna menyambut HUT Kemerdekaan RI itu, mengajak para siswa dapat mendalami unsur budaya nusantara, keanekaragaman hayati, sehingga rasa toleransi mereka terus tumbuh, berwawasan luas dan bisa menginspirasi teman lainya di Gorontalo.

Siswa yang terpilih mengikuti SMN terdiri 18 pelajar yang duduk di kelas XI SMAN, SMKN dan 2 pelajar difabel dari SLB.

Mereka dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah lokasi penting, seperti Tugu Khatulistiwa, Makam Juang Anjor, Vihara Singkawang meninjau Pelabuhan Perintis Sintete dan perkebunan sawit, serta belajar membuat keramik di Pontianak.

"Mereka dijadwalkan hari ini akan diberangkatkan dari Gorontalo menuju Pontianak, dan akan berada di sana kurang lebih selama sepekan," jelasnya.

Ia menambahkan, setelah mengikuti rangkaian acara di Pontianak, para siswa Gorontalo akan melawat ke Kantor Bank BTN di Jakarta, untuk mengenalkan mengenai produk perbankan, sejarah Bank BTN dan peran serta Bank BTN dalam mendukung pemerintah dalam Program Sejuta Rumah.

"Setiap siswa nanti mendapatkan tabungan "Juara", yang merupakan produk tabungan khusus pelajar dari Bank BTN, sebab pendidikan mengenai perbankan di masa sekolah penting untuk membantu mereka merencanakan masa depan dan belajar disiplin," tutup Budi

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017