Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah mengatakan berbagai olahan ikan memiliki nilai jual yang tinggi dan potensial menjadi peluang bisnis.

Menurutnya ikan menjadi salah satu menu sehari-hari yang selalu digemari oleh masyarakat Gorontalo.

"Para pengusaha sebaiknya mengambil celah ini ini sebagai peluang bisnis," katanya saat Bimtek Pengolahan Pangan Berbasis Ikan di Gorontalo, Sabtu.

Provinsi Gorontalo, kata dia, merupakan daerah yang memiliki hasil laut yang begitu banyak. Ini adalah salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki daerah tersebut.

Ikan tak hanya menjadi konsumsi keseharian masyarakat Gorontalo, namun juga dapat digunakan sebagai bahan baku olahan seperti fillet, nuget, bakso, dan kerupuk.

"Ikan dapat diolah dalam bentuk apa saja terlebih di Gorontalo banyak menghasilkan ikan dibanding dengan Pulau Jawa,dimana untuk mendapatkan ikan agak sulit dan harganya pun mahal," ujarnya.

Idah menjelaskan, pelaksanaan Bimtek pengolahan ikan di Kabupaten Bone Bolango bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan ikan, menjadi olahan pangan berbasis ikan yang bernilai jual tinggi.

"Kualitas olahan ikan juga harus dijaga dan selalu berinovasi menciptakan produk-produk yang dapat diterima pasar," tambahnya.

Pewarta: Debby Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017