Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Fory Naway mengatakan lingkungan sekolah berpengaruh bagi pendidikan anak.

"Sekolah tempat anak belajar, sekolah tempat anak bermain, sekolah tempat anak bercanda," ujar Fory di sela-sela kegiatan lomba mewarnai di halaman PAUD Limboto, Senin.

Ia menjelaskan, lingkungan sekolah adalah kesatuan ruang dalam lembaga pendidikan formal yang memberikan pengaruh pembentukan sikap dan pengembangan potensi siswa.

Selain itu beberapa tujuan dari PAUD antara lain sebagai kerangka dasar bagi anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan serta pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.

Kemudian untuk mengintervensi sejak dini dengan memberikan rangsangan edukasi, sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi tersembunyi yang terdapat pada anak.

"Apresiasi besar serta ucapan terima kasih kepada seluruh pengawas PAUD. Kita ketahui bersama bahwa pengabdian, rasa sabar para guru ini yang secara ikhlas mengawasi anak-anak," ungkap Fory

Untuk itu, Fory yang juga berprofesi sebagai dosen tersebut berharap, agar seluruh pengawas guru pembimbing TK-PAUD ini tetap selalu mengedepankan sikap memiliki pada anak.

"Tetap selalu dekat dengan anak-anak, rangkul dan bahagiakan mereka. TK-PAUD adalah awal bagi usia dini dalam pembentukan karakter,"jelas Fory.

Ia menambahkan, beberapa fungsi dari PAUD yakni fungsi adaptasi/sosial yang berperan dalam membantu anak menyesuaikan diri dengan keadaan dan situasi di sekitarnya.

Kemudian anak akan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi dirinya sendiri sebagai pengenaan berbagai pola sikap, perilaku, kebiasaan, dan sifat orang di sekitar yang akan membantu anak untuk memahami aspek-aspek psikologis dari lingkungan sosial anak.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017