Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI untuk tingkat provinsi, yang dilaksanakan di halaman Rumah Jabatan Gubernur, Kamis.

Pantauan ANTARA, yang bertindak sebagai komandan upacara, Letkol Inf Gunnarto, selaku Komandan Yonif 715/Motuliato, dan pembaca teks proklamasi ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris Jusuf, sementara peserta upacara dari unsur TNI-Polri, Korpri dan pelajar.

Wagub usai pelaksanaan upacara mengaku bangga dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, begitu juga dengan peserta upacara yang disiplin, sehingga berjalan dengan khidmat.

"Proklamasi itu ada karena para pejuang, sehingga kita patut berterima kasih kepada para pahlawan atas pengorbanan jiwa dan raganya untuk mengusir penjajah dari Indonesia," kata Idris Rahim.

Ia menambahkan, tugas kita saat ini adalah tinggal mengisi kemerdekaan dengan cerminan nilai Pancasila. Pemerintah bertanggungjawab bagaimana meningkatkan kesejahteraan dimasyarakat.

Pemprov Gorontalo sendiri punya empat program unggulan, yaitu pendidikan gratis, kesehatan gratis, Pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

"Kita berharap pemerintah baik di provinsi serta kabupaten/kota dan seluruh elemen untuk bahu-membahu mengisi kemerdekaan menuju pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Target pemerintah provinsi pada momentum HUT ke 72 RI, saat ini adalah terus menurunkan angka kemiskinan di Gorontalo, dengan menggunakan satu basis data, yang disusun tim penanggulangan kemiskinan provinsi, dan nanti akan disebar ke pemerintah kabupaten/kota.

Lewat satu basis data kemiskinan ini, dan fokusnya program pemerintah, diharapkan 2-3 tahun ke depan angka kemiskinan di Gorontalo akan terlihat grafik penurunannya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017