Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, terus mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga.

"Tahun ini kita konsentrasi pada pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di objek wisata Pentadio Resort dan Danau Limboto," kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Jumat.

Untuk Pentadio Resort, kata Nelson, masyarakat di sekitar objek wisata alam itu terus didorong untuk dapat meningkatkan sektor perekonomiannya melalui pariwisata.

Seperti pembuatan `home stay` atau rumah tinggal bagi wisatawan yang menggunakan rumah masyarakat di sekitar objek wisata Pentadio Resort dan Danau Limboto.

"Saat ini kita sedang melakukan identifikasi rumah warga yang bisa dijadikan home stay, sehingga wisatawan tidak perlu tinggal di hotel, dan menambah pendapatan masyarakat," ujar Nelson.

Pada bulan September 2017, Pemkab Gorontalo akan menggelar Festival Pesona Danau Limboto sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya.

Tak hanya memamerkan keindahan alam danau Limboto, kegiatan itu akan menampilkan atraksi-atraksi budaya dan berbagai potensi yang dimiliki.

"Saya berharap dengan adanya iven ini, dapat menjadi pemicu naiknya pendapatan masyarakat sekitar danau Limboto," katanya.

Promosi keluar akan terus perkuat, sekaligus membuat kerja sama dengan Pemerintah Pusat untuk mendukung sektor Pariwisata.

"Pada tahun depan, kita akan mengembangkan agrowisata yang juga berbasis masyarakat," tambahnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017