Gorontalo, (ANTARA GORONTALO ) - Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah membuka pelaksanaan Festival Pesona Danau Limboto 2017 di tepian Danau Limboto, Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Festival Pesona Danau Limboto merupakan sarana promosi untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya serta pelestarian dan kampanye penyelamatan Danau Limboto.

"Pembukaan festival ini dilaksanakan bertepatan dengan Tahun Baru Islam, ini adalah gerakan yang bagus, kita berhijrah menjadi lebih baik dan kekompakan kita perlukan," ujar Zudan yang pernah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo tersebut.

Zudan mengungkapkan perubahan drastis sangat terlihat pada Danau Limboto pada hari ini, yaitu permukaan Danau yang lebih bersih dari eceng gondok dibanding tahun sebelumnya.

"Danau ini memiliki banyak fungsi yaitu fungsi lingkungan hidup, jika kita menjaga danau ini maka danau Limboto ini juga akan menjaga kita," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa fungsi lingkungan sangat erat dengan kehidupan masyarakat.

"Danau ini juga bisa memberikan fungsi ketahanan ekonomi, tidak ada urusan pemerintahan yang secepat sektor pariwisata menghasilkan uang," ungkapnya.

Menurut dia, jika berinvestasi di sektor pariwisata, pengembaliannya akan cepat dan tidak merusak lingkungan hidup.

"Saya menyambut baik pelaksanaan Festival Pesona Danau Limboto untuk pengembangan pariwisata dalam memperkuat ketahanan ekonomi yang akan mendatangkan investasi dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selanjutnya, kata Zudan, festival tersebut memiliki fungsi budaya, yang menimbulkan kebanggaan bagi warga Provinsi Gorontalo.

"Mari kebanggaan ini kita tunjukan terus dan kita bina, kembangkan dan tumbuhkan," katanya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda Kabupaten Gorontalo dan juga Kementerian Pariwisata.

"Danau Limboto memiliki potensi ekologi dan juga pariwisata yang terus kita kembangkan antara lain di Pentadio Resort yang menjadi lokasi pelaksanaan festival ini," ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan wisata itu juga kata Bupati untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan investasi bagi daerah dan pelestarian Danau Limboto.

"Dalam festival ini ada gelar budaya, olahraga lari 10 kilometer dan triatlon, lomba terkait ekologi seperti lomba menggambar Danau Limboto dan lomba foto ekologi," ungkapnya.

Pewarta: Adiwinata

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017