Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Provinsi Gorontalo mencanangkan Desa Toyidito di Kecamatan Pulubala menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo usai pencanangan tersebut di Gorontalo, Senin, mengatakan bahwa Desa Toyidito merupakan desa keempat yang dicanangkan menjadi Kampung KB.

"Kita telah menargetkan setiap dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo, satu desa dijadikan Kampung KB," ujar Nelson.

Ia menyampaikan bahwa kampung KB merupakan bentuk perhatian pemerintah yang bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BBKN) terhadap desa yang masih memiliki berbagai masalah.

"Seperti halnya di Desa Toyidito ini, tingkat kemiskinan masih tinggi, warga yang tidak punya lahan, bahkan perputaran ekonomi masih lemah. Ini yang kemudian membuat kami jajaran pemkab Gorontalo menetapkannya menjadi Kampung KB di wilayah Pulubala," jelasnya.

Menurut Bupati Nelson, pencanangan Kampung KB bukan hanya mengacu pada Keluarga Berencana tetapi dalam semua aspek, baik itu kesehatan, sosial dan lainnya.

"Hari ini saya lihat antusias warga begitu besar. Persiapan kegiatan ini pun patut saya apresiasi. Lihat saja, ada lomba cipta menu makanan, ada donor darah, serta penanaman bawang, cabai dan tomatt. Kegiatan semacam ini memang nampak kecil, tetapi imbasnya sangat besar," pungkas Nelson.

Di samping itu Nelson juga meminta agar setiap pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk wajib hadir karena melalui kegiatan itu pihaknya dapat mengetahui apa saja keluhan masyarakat desa.

"Misalnya mereka mengeluhkan soal akses jalan, maka Dinas Pekerjaan Umum (PU) bisa tahu kebutuhan rakyat, begitu pula seterusnya," tambahnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017