Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mendorong Gorontalo menjadi daerah layak anak, guna mewujudkan terpenuhinya hak-hak anak.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Leny Nurhayati Rosalin mengatakan untuk mewujudkan Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo Layak Anak (KLA), pemerintah harus membangun komitmen melalui sistem pembangunan berbasis hak anak.

"Sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak," kata Leny, saat workshop "Penguatan Kabupaten/kota Layak Anak se Provinsi Gorontalo menuju Kabupaten/kota Layak Anak 2030" bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo, Kamis.

Menurutnya, masalah hak-hak anak tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, harus dilakukan oleh semua pihak mulai dari keluarga, lingkungan rumah dan sekolah.

"Komitmen kepala daerah juga sangat dibutuhkan untuk membangun program yang mendukung hak hak anak," tegasnya.

Semantara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa mengatakan untuk Provinsi Gorontalo, baru Kabupaten Gorontalo yang mewujudkan Kabupaten Layak Anak, sehingga diharapkan langkah tersebut bisa diikuti oleh kabupaten/kota lainnya.

"Untuk kabupaten atau kota yang belum membentuk KLA ini mohon untuk menjadi perhatian khususnya untuk kita programkan di tahun 2018, mumpung kita sedang menyusun KUA PPAS," kata Winarni Monoarfa.

Pada pengusulan anggaran nanti, Winarni siap memeriksa usulan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) yang akan dikonsultasikan ke pemprov, jika pemerintah kabupaten/kota belum memasukkan program layak anak maka RAPBD akan dikembalikan untuk diperbaiki.

"Sehingganya ini harus menjadi perhatian besar karena banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terkait dengan hak anak kita kesampingkan, kita harus sepakat khususnya untuk tahun 2018 seluruh kabupaten/kota di provinsi Gorontalo harus bisa mewujudkan daerah layak anak," tegasnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017