Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, melatih 124 peserta pelatihan berbasis kompetensi kejuruan di Balai Latihan Kerja (BLK), Limboto, Rabu.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang membuka pelatihan tersebut mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja.

Ia menjelaskan pelatihan yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja tersebut untuk memberikan peluang pekerjaan yang berbasis kompetensi kejuruan bagi masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran.

"Di Kabupaten Gorontalo, pengangguran menjadi salah satu masalah yang dihadapi, sehingga saat ini kami melakukan berbagai upaya agar dapat mengatasi masalah tersebut," ungkapnya.

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi para pencari kerja itu dilaksanakan dengan dasar suatu pemikiran bahwa para pencari kerja maupun penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya adalah tanggung jawab pemerintah dan semua pihak.

"Tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja yang terus bertambah secara signifikan setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya tingkat kelulusan dari berbagai strata tingkat pendidikan, baik tingkat menengah atas hingga penguasaan keterampilan yang dapat digunakan mencari nafkah melalui bekerja atau membuka usaha sendiri," jelasnya.

Bupati mengatakan kepada para peserta pelatihan agar belajar dengan bersungguh-sungguh dan menyerap ilmu sebanyak mungkin dari para instruktur dan narasumber serta meningkatkan kualitas keterampilan yang dimiliki agar dapat memperoleh pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

"Gali ilmu dari para instruktur agar bisa mendapatkan bekal untuk selanjutnya mampu dan siap bersaing di pasar kerja, jangan sia-siakan kesempatan yang ada ini, karena anda sekalian termasuk orang-orang yang beruntung dapat mengikuti kegiatan ini,` pesan Bupati.

Nelson juga berpesan kepada panitia agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, meningkatkan koordinasi dan membimbing para peserta agar dapat memahami hak dan kewajiban yang dijalankan.***3***

(T.KR-ADW/B/H013/H013) 11-10-2017 18:16:31

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017