Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2018 akan menyusun program kerja yang akan dikolaborasikan dengan program unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo.

Rektor IAIN Sultan Amai Kasim Yahiji menjelaskan pihaknya ingin berkontribusi dan ikut menyukseskan program Pemprov Gorontalo, sehingga lembaga kampus tersebut ingin mengkolaborasikan programnya sejalan dengan apa yang sudah dijalankan Pemprov.

"Adapun program yang akan dikembangkan IAIN Sultan Amai Gorontalo di antaranya ekonomi syariah dan wisata religi," kata Kasim saat melakukan audiens dengan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Kamis.

Ia menambahkan untuk ekonomi syariah, IAIN Sultan Amai Gorontalo berencana akan menggelar festival ekonomi syariah, selain itu juga akan membuat konsep pariwisata Islami untuk pengembangan sektor pariwisata di Provinsi Gorontalo.

Terkait hal tersebut, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meminta jajaran IAIN Sultan Amai untuk segera membuat rumusan konsep program ekonomi syariah dan pariwisata Islami.

"Segera dibuat konsepnya, selanjutnya akan kita bahas bersama Bappeda Provinsi Gorontalo, sehingga bisa kita akomodir dalam KUA-PPAS," kata Idris.

Untuk program ekonomi syariah dan pariwisata Islami perlu disosialisasikan kepada masyarakat, terpenting lagi lanjut Idris, penyelenggaraan festival nantinya harus diintegrasikan dengan festival lainnya yang akan digelar di Gorontalo.

"Jangan buat festival sendiri-sendiri, harus diintegrasikan biar lebih meriah dan menarik wisatawan," ujar Wagub.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017