Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberi apresiasi petani setempat dalam pengembangan cabai organik, sehingga sudah bisa panen dengan optimal.

"Dengan didukung hamparan lahan yang luas dan menjadi komoditas unggulan, cabai organik menjadi nilai tambah bagi petani," kata Bupati, saat melakukan panen bersama dengan petani Desa Tunas Jaya, Kecamatan Bone Pantai, Sabtu.

Menurutnya, Kabupaten Bone Bolango kian memantapkan diri sebagai produsen produk-produk organik tanpa adanya bahan kimia, mulai dari komoditas kopi, padi dan kini cabai organik yang dibudidayakan.

Bupati apresiasi karena secara konsisten terus menghasilkan produk-produk pertanian yang berkualitas yang diharapkan bisa meningkatkan pendapatan sekaligus kesejahteraan warganya.

Karena itu saya setuju "diproklamirkan" Tunas Jaya sebagai desa cabai organik di kabupaten Bone Bolango. Produk cabai ini sebagaimana kita ketahui komoditas yang tidak memiliki subtitusi (pengganti).

Bupati menambahkan dengan fokus menanam tanaman cabai, ia yakin betul ini akan mampu meningkatkan pendapatan warga para petani. Tentu dengan dukungan dari penyuluh, harus serius betul memperhatikan mulai dari model pembibitan, penanaman, pemeliharaanya hingga panen maupun pasca panen.

Terkait produk organik yang dihasilkan Bupati mengatakan perlunya pemasaran dan kemasan yang baik sehingga memiliki nilai jual. Bupati pun memerintahkan untuk mengomunikasikan dengan pasar swalayan seperti hypermart untuk menjual produk organik dari Bone Bolango.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017