Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyalurkan bantuan 110 ekor kambing kepada sembilan Kecamatan di Hutuo, Jumat.

Sembilan kecamatan yang mendapat bantuan ternak kambing, yaitu Limboto, Limboto Barat, Tibawa, Telaga Biru, Telaga Jaya, Batudaa Pantai, Pulubala, Mootilango dan Dungaliyo.

Kepala Dinas Peternakan setempat Femy Waty Umar mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan salah satu program untuk memenuhi kebutuhan konsumsi yang aman, sehat dan utuh serta halal bagi ketersediaan ternak kambing.

"Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan dan mengembangkan ternak kambing di sentra-sentra produksi yang merupakan daerah potensi," ujar Femy.

Ia meminta masyarakat yang memperoleh bantuan agar memelihara dan mengembangkan dengan baik kambing tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian serta menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang menyerahkan langsung bantuan tersebut mengatakan selain sapi Pemkab Gorontalo akan terus menyerahkan ternak kambing kepada masyarakat.

"Tahun 2018 nanti, saya ingin terus mendorong sektor peternakan yang lain seperti itik dan ayam karena memang menjadi kebutuhan kita semua," katanya.

Nelson menjelaskan bahwa saat ini di Kabupaten Gorontalo terdapat tiga juta ekor ayam dan 90 ribu ekor sapi dan kambing masih setengah dari jumlah sapi.

Karena itu pada tahun 2018, pihaknya akan terus menambah jumlah ternak kambing sehingga daerah itu menjadi lumbung ternak sapi dan kambing.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017