Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo meresmikan unit pengolahan terpadu aren di Kecamatan Bulango Ulu.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada peresmian tersebut, Senin mengatakan UPT Aren memiliki berbagai fasilitas mulai dari proses pembuatan, pengemasan hingga pemasaran.

Di sini ingin mengembangkan aren, dan pemerintah telah berinventasi sebesar Rp2 miliar untuk pengembangannya, ujarnya.

Pemkab ingin memastikan bahwa usaha ratusan Industri Kecil Menengah (IKM) gula aren di Bulango Ulu terus berkesinambungan.

"Usaha ini menguntungkan dan para pelaku usaha dapat memperoleh pendapatan sehingga kualitas keluarga dapat meningkat dengan lebih baik," ucapnya.

Melalui usaha aren tersebut Hamim berharap warga bisa menyekolahkan anak, mebangun rumah, membeli kendaraan dan mengembangkan usaha mereka hingga menjadi lebih besar.

Hamim Pou mengungkapkan bahwa pembangunan UPT Aren di Bulango Ulu untuk membantu masyarakat khususnya pelaku usaha aren, dan sebagai imbalannya Bupati meminta agar UPT tersebut dijaga dan dirawat dengan baik.

"Saya berharap UPT ini bisa terus berjalan dengan baik, dengan ada pembinaan dan pembimbingan agar usha gula aren terus sukses," pungkasnya.

Sebelumnya, dihari yang sama Bupati Hamim Pou menyerahkan bantuan barang melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada 15 IKM aren di Bulango Ulu.

Bantuan yang diberikan berupa tangki air yang berkapasitas 650 liter, mesin pompa iar 200 watt, generator 600 watt, wajan, ember plastik, pengaduk gula aren, cetakan gula aren dan mesin pengaduk gula aren.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017