Santiago, (ANTARA/Xinhua-OANA) - Gempa dengan kekuatan 6,1 pada Skala Richter (SR) mengguncang Pantai Chile Utara pada Minggu (23/3), kata US Geological Survey (USGS).

Gempa tersebut berada 97 kilometer di sebelah barat-baratlaut Kota Pelabuhan Iquique, Ibu Kota Provinsi Iquique dan Wilayah Tarapaca, dengan kedalaman 6,16 kiloemter, kata USGS.

Pusat gempa mulanya ditetapkan berada 19,77 derajat Lintang Utara dan 70,94 derajat Bujur Barat, tambahnya.

Sementara itu, Dinas Seismologi di University of Chile menyatakan gempa terjadi pada pukul 15.20 waktu setempat, 95 kilometer di sebelah baratlaut Iquique, dengan kedalaman 34 kilometer, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

Gempa tersebut diikuti oleh beberapa gempa susulan dengan kekuatan 5,3 Skala Richter di daerah yang sama.

Kantor Cabang Regional Kondisi Darurat Nasional Chile di Tarapaca mengatakan listrik dilaporkan padam di Permukiman Iquique, tapi sejauh ini tak ada laporan mengenai korban manusia atau kerusakan barang.

Selain itu, Dinas Layanan Hidrografik dan Oseanografik Angkatan Laut Chile menyatakan gempa tersebut tidak menimbulkan kondisi yang bisa memicu tsunami di lepas Pantai Pasifik Chile.

Banyak gempa dengan kekuatan kecil telah mengguncang wilayah itu dalam beberapa hari belakangan, sehingga menimbulkan ketakutan di kalangan warga beberapa kota besar.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014