Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengaku akan ikut serta meningkatkan partisipasi pemilih perempuan di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Fatri Botutihe, anggota DPRD setempat, Rabu di Gorontalo, terkait seminar "Peran Perempuan Dalam Kancah Politik" yang digelar pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara.

Menurut Fatri, dirinya sangat mengapresiasi inovasi pihak KPU yang menggelar kegiatan tersebut mengingat akan menambah informasi tentang perempuan dalam berpolitik.

Serta membangkitkan semangat perempuan untuk bergerak aktif meningkatkan partisipasi pemilih khususnya pemilih perempuan.

"Intensitas tersebut diharapkan meningkatkan partisipasi pemilih di daerah ini, khususnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018," ujar Fatri.

Fatri mengatakan, peran perempuan dalam meningkatkan partisipasi pemilih merupakan salah satu program partai politik dalam pendidikan politik.

Ia pun selaku Ketua DPC Partai Gerindra berharap, sinergitas kegiatan itu dengan seluruh elemen masyarakat termasuk penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi bagian penting dalam menyukseskan Pilkada.

Khusus legislatif kata Fatri, periode tahun 2014-2019 keterwakilan perempuan di DPRD Kabupaten itu baru mencapai 16 persen atau 4 kursi dari 25 kursi yang ada.

"Meningkatnya partisipasi pemilih perempuan diharapkan berdampak pada peningkatan keterwakilan perempuan di legislatif," ujar Fatri.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017