Gorontalo, (Antara) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo gencar menyosialisasikan kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) kepada anak dan masyarakat di Kecamatan Boliyohuto dan Telaga.

Ketua Forikan Kabupaten Gorontalo Fory Naway mengatakan sosialisasi tersebut merupakan upaya meningkatkan gizi masyarakat indonesia. Mengonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, karena ikan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi tersebut.

"Jika ingin menjadi orang hebat, pintar dan cerdas maka harus makan ikan. Ikan banyak mengandung protein, vitamin dan omega tiga untuk pertumbuhan otak," ujar Fory di hadapan anak-anak.

Ia mengungkapkan bahwa manusia membutuhkan otak yang sehat, cerdas dan ikan dapat memenuhi kebutuhan gizi.

"Oleh karena itu saya berharap kepada para tenaga pendidik agar dapat menyosialisasikan konsumsi ikan dan segala manfaatnya melalui kurikulum," pintanya.

Fory mengungkapkan bahwa jika anak-anak gemar makan ikan, diharapkan generasi ke depan akan menjadi pemimpin-pemimpin cerdas, mandiri dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

"Ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah serta sangat mudah mendapatkannya. Apalagi di Kabupaten Gorontalo banyak daerah yang cocok untuk budidaya ikan," jelas dia.

Fory juga menambahkan bahwa ikan dapat diolah dengan berbagai variasi agar lebih menarik dan tidak membosankan bagi anak-anak untuk mengosumsinya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017