Gorontalo, (Antara) - Tenaga kesehatan dari program "Nusantara Sehat" lakukan pemeriksaan kesehatan warga wilayah terpencil di Desa Owata, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kurangnya jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di desa terpencil dengan tuntutan pelayanan kesehatan yang harus menyeluruh, membuat pemerintah menghadirkan program nusantara sehat guna membantu terlayaninya seluruh warga di desa terpencil.

"Nusantara sehat merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu pelayanan kesehatan pada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di desa terpencil," kata Sri Rizki Septieni, salah seorang tenaga medis di bidang keperawatan setelah ditemui pada saat melaksanakan cek kesehatan di salah satu rumah warga kurang mampu.

Ia menambahkan, selama ditugaskan dalam melayani kesehatan, mereka telah menerima banyak keluhan penyakit yang diderita oleh warga.

"Sejauh ini dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan kesehatan di Desa Owata, kami telah banyak menerima keluhan penyakit yang diderita warga, dan penyakit yang paling mendominasi adalah penyakit dermatitis yakni penyakit kulit," jelasnya.

Penyakit ini disebabkan karena masih kurangnya kepedulian warga setempat terhadap kebersihan air yang mereka gunakan untuk mandi, cuci, kakus (MCK).

"Warga masih menggunakan sungai sebagai tempat untuk mandi dan mencuci baju, jadi jangan heran banyak warga yang mengeluh menderita penyakit kulit. Penyakit ini juga disebabkan salah satunya oleh sisa zat bahan kimia yang terkandung dalam detergen," jelasnya.

Program Nusantara Sehat sendiri bertujuan mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat.

Terutama oleh mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil di berbagai pelosok Nusantara. Untuk itu, penguatan layanan kesehatan berbasis tim tenaga kesehatan.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017