Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Rachmad Fudail pada pelaksanaan upacara HUT Korps Polairud ke-67 mengingatkan pentingnya keberadaan kesatuan itu dalam menjaga keamanan wilayah dari sektor udara dan perairan.

"Kepolisian Perairan dan Udara memainkan peran penting dalam mendukung pemberantasan berbagai bentuk kejahatan, seperti perampokan di laut, pembalakan liar, kejahatan pertambangan, perdagangan manusia, serta berbagai bentuk kejahatan perikanan," ujarnya saat membacakan sambutan Kapolri, Senin.

Ia berharap semoga peringatan itu menjadi momentum dalam mewujudkan Korpolairud yang semakin profesional, modern, dan terpercaya (Promoter), sebagaimana tema yang diusung yakni "Korpolairud Siap Mewujudkan Polri yang Promoter guna Mendukung Suksesnya Pengamanan Pilkada 2018".

Harus disadari menurut Kapolda, bahwa tantangan tugas dalam menjaga wilayah udara dan perairan ke depan tidaklah semakin ringan.

Terlebih kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pembangunan pada sektor kemaritiman guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Tentu membutuhkan kesiapan dan kontribusi aktif dari Polri, khususnya Korpolairud," ia menjelaskan.

Rachmad menjelaskan, pada tahun 2018 akan diselenggarakan berbagai agenda nasional, antara lain Pilkada Serentak di 171 wilayah, penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang, serta penyelenggaraan IMF-Wolrd Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

"Saya berharap, Korpolairud dapat berperan lebih aktif lagi dalam mendukung pengamanan berbagai agenda nasional tersebut. Optimalkan seluruh kekuatan yang ada, guna mendukung terciptanya stabilisasi kamtibmas, sebagaimana fungsi dan peran polairud, termasuk dalam mendukung pelaksanaan tugas operasional fungsi kepolisian lainnya," ucap dia, lagi.

Kapolda juga meminta agar Polairud meningkatkan kinerja dalam pemeliharaan keamanan di perairan dan udara Indonesia, terutama dalam mendukung berbagai agenda nasional dan kebijakan pemerintah.

Memperluas keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, khususnya kejahatan antar negara serta kejahatan terhadap kekayaan negara

Meningkatkan kerja sama dan kemitraan secara sinergis dengan Pemerintah Daerah, TNI, instansi terkait, dan seluruh elemen masyarakat, sebagai bagian dalam upaya mewujudkan stabilitas kamtibmas

Serta memacu kreatifitas melalui berbagai terobosan inovatif, khususnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat di wilayah perairan serta pulau-pulau terluar sehingga keberadaan satuan ini bisa memberikan manfaat besar bagi rakyat Indonesia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017