Gorontalo, (Antara) - Sejumlah pedagang buah durian yang berjualan di beberapa ruas jalan di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, meraih keuntungan karena tingginya minat masyarakat terhadap buah tersebut.

Pantauan ANTARA, di jalan HB Yasin Kota Gorontalo dan jalan Raya Limboto, Kabupaten Gorontalo, nampak beberapa pedagang berjualan buah durian yang dipasok dari daerah Sulawesi Tengah. Kemudian ada yang dipasok dari Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Aan Sumarno, salah seorang pedagang buah mengaku dirinya memasok buah durian yang dijualnya dari Kota Poso, Sulawesi Tengah, dengan variasi dan berbagai citarasa yang enak.

"Karena dikenal dengan cita rasanya yang banyak diminati, akhirnya saya lebih memilih untuk memasok buah durian yang dijual dari Kota Poso yaitu sebanyak 1.000 buah/dua hari," ungkapnya ditemui saat berjualan di ruas jalan HB Yasin.

Ia menjual dagangannya dengan harga yang bervariasi, untuk durian yang berukuran kecil dihargai Rp15 ribu/buah, sedangkan ukuran sedang Rp30 ribu/buah dan durian ukuran besar dihargai Rp50 ribu/buah.

Selain itu, Yunus Hasan, pedagang durian lainnya, menjelaskan buah durian saat ini tidak hanya dipasok dari luar daerah saja, ada juga yang dipasok dari Gorontalo, yaitu dari Atinggola.

"Buah durian yang saya jual dipasok dari daerah Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk jumlah buah biasanya saya memasok 200 hingga 300 buah durian perharinya," kata Ia.

Yunus Juga menambahkan bahwa setiap hari Ia menjual buah durian mulai dari yang ukuran terbesar dengan harga Rp25 ribu/buah, durian ukuran sedang Rp20 ribu/buah, dan durian ukuran kecil seharga Rp15 ribu/buah.

Sementara Alvian, salah satu pembeli mengakui buah yang dipasok dari Sulawesi tengah mutunya baik, sehingga ia rela membeli hingga beberapa buah.

"Selain harganya terjangkau, buah dari Sulawesi Tengah enak dan manis," ujarnya.

Pewarta: Siti Hardianti Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018