Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo terus menggenjot pengembangan produk unggulan bernilai ekonomis daerah tersebut.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Kamis, mengatakan bahwa sasaran dari pengembangan tersebut di antaranya pertumbuhan sektor nonprimer yang memanfaatkan sumber daya alam secara langsung yang mencakup pertanian, kehutanan, perikanan.

"Sebanyak 1.700 unit usaha masyarakat yang ada di daerah ini juga merupakan sasaran yang akan ditingkatkan lagi jumlahnya," ucap Hamim.

Pemkab Bone Bolango juga akan meningkatkan koperasi aktif yang saat ini berjumlah 67 koperasi. Selain itu usaha industri diharapkan dapat semakin tumbuh.

"Produksi pertanian unggulan juga akan terus kita tumbuhkan, serta usaha komoditas kopi Pinogu dan gula aren. Pasaran harian juga akan dibuat di empat wilayah," jelasnya.

Menurut dia, semua usaha pengembangan itu harus disertai dengan kebijakan pemerintah daerah dalam hal pemasaran hasil, pengembangan kawasan ekonomi khusus dan kawasan terpadu.

"Kita mengintegrasikan sektor hulu dan hilir, pengembangan investasi daerah, peningkatan ketersediaan pangan serta sarana dan prasarana ekonomi," kata dia.

Untuk produk kopi Pinogu sendiri, Pemkab Bone Bolango terus melakukan promosi serta pengembangan lahan yang dinilai dapat mengangkat perekonomian petani.

"Secara umum ada dua produk unggulan lokal yang saat ini sedang kita kembangkan di Bone Bolango, kopi organik Pinogu dan gula aren, termasuk gula semut, karena saat ini banyak diolah petani," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018