Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berharap pasangan calon yang kelak terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, dapat memberi perhatian yang tinggi terhadap peningkatan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Gorontalo Utara.

"Paling utama adalah ketersediaan dokter spesialis, sebab rumah sakit merupakan urat nadi pelayanan kesehatan di daerah itu," ujar dr Wiwin Yusuf, SP.B selaku pengurus IDI Provinsi Gorontalo di Gorontalo, Selasa.

Ia yang juga menjadi pengurus IDI Provinsi Gorontalo dan menjabat Ketua IDI Kabupaten Gorontalo, mengatakan, jika selama 5,5 tahun menjadi dokter paruh waktu di RSUD dr Zainal Umar Siddiqi (ZUS) yang terletak di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang Gorontalo Utara, sangat berharap adanya peningkatan pelayanan di rumah sakit tersebut.

Maka harapan terhadap peningkatan layanan kesehatan secara menyeluruh pun sangat diharapkan dapat terwujud.

"Siapapun Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang terpilih nanti, diharapkan memberi perhatian utama terhadap layanan dan keberadaan RSUD ini," ujar dokter spesialis bedah itu.

Ia menambahkan, selaku ketua tim pemeriksaan kemampuan kesehatan jasmani dan rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika bakal paslon di Pilkada 2018, sangat berharap ke depan pemeriksaan yang sama sudah dilakukan di RSUD ZUS di Gorontalo Utara.

Bangunan rumah sakit yang sudah besar, diharapkan ditunjang dengan alokasi anggaran yang cukup besar oleh pemerintah daerah agar operasional pelayanan kesehatan di daerah itu semakin baik.

Harapan yang sama disampaikan ketua IDI Kabupaten Gorontalo Utara, dr Ardiansyah yang berharap, ke depan pemerintah daerah semakin memperhatikan jumlah dokter serta kesejahteraannya.

"Jumlah dokter diharapkan bertambah dan kesejahteraannya diperhatikan, sebab dokter yang ada saat ini masih menjalankan tugas melebihi kapasitas," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018