Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, meresmikan 40 unit rumah layak huni khusus nelayan di Desa Dumolodo Kecamatan Gentuma Raya.

"Ini adalah bagian dari program pemenuhan kebutuhan rumah layak huni di daerah ini, agar jumlahnya semakin meningkat untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati Indra Yasin, Selasa di Gorontalo.

Pemerintah daerah menyadari kata ia, kebutuhan rumah layak huni semakin meningkat seiring peningkatan jumlah keluarga atau rumah tangga baru di daerah ini.

Ditambah lagi, jumlah rumah sangat sederhana (RSS) di daerah ini masih mencapai kebutuhan untuk 5.815 kepala keluarga (KK).

Maka kata Indra, tahun 2017 lalu pemerintah daerah memprioritaskan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu, khususnya masyarakat berprofesi sebagai buruh, nelayan dan petani.

Pemerintah daerah berharap kata ia, program prioritas itu akan memberi kenyamanan rumah tinggal bagi nelayan kurang mampu.

Pemerataan bantuan itu pun kata Indra, menjadi prioritas pemerintah daerah untuk mewujudkan masyarakat nelayan sejahtera yang akan mendorong peningkatan produksi perikanan di daerah ini.

Program bantuan perumahan di daerah itu yaitu, program rumah layak huni, rumah susun (rusun), program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), penyediaan air minum sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) dan rumah khusus nelayan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018