Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - "Gemilang PAKDOK" yang merupakan program digital pelayanan kesehatan dalam jaringan (Daring), siap melayani masyarakat di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Direktur Pemasaran PAKDOK Peter rumahwelang, Sabtu, mengatakan layanan data medis elektronik tersebut adalah fitur data medis pasien dalam bentuk digital yang dikumpulkan, dilengkapi dan dikelola oleh pasien dan dokter.

"Data medis elektronik ini dapat diintegrasikan dengan layanan kesehatan lain dalam bentuk rujukan kepada klinik Pratama, rumah sakit dan laboratorium," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa semua orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh pelayanan kesehatan, dan berawal dari keefektifan waktu dan harga, maka sebuah klinik yang memiliki mobilitas adalah perwujudan fisik dari PAKDOK.

"PAKDOK `on the road` ini tentunya akan menjadi perpanjangan tangan pelayanan kesehatan primer lainnya untuk meningkatkan area cakupan kesehatan," ujar Peter.

Dengan demikian menurut Peter, diharapkan pelayanan kesehatan akan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat secara merata.

"Gemilang PAKDOK mensinergikan fungsi-fungsi pelayanan kesehatan Puskesmas dibawah koordinasi Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan pelayanan berbasis aplikasi PAKDOK dan mobil klinik PAKDOK," kata dia, lagi.

Ia menambahkan bahwa Gemilang PAKDOK telah di "soft launching" pada 26 November 2017 lalu, saat Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Gorontalo, uji coba aplikasi itu sendiri telah digunakan secara terbatas oleh pengunjung Puskesmas Limboto, Puskesmas Limboto Barat dan Puskesmas Telaga.

Sebelumnya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, mengatakan bahwa melalui program tersebut masyarakat Kabupaten Gorontalo akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh layanan pengobatan dan konsultasi kesehatan.

"Layanan pak dok ini merupakan sebuah inovasi baru di bidang kesehatan, dalam rangka meningkatkan layanan kepada pasien rumah sakit maupun kepada masyarakat yang dapat dilakukan secara online," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018