Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komunitas Peduli Lingkungan yang beranggotakan masyarakat dari lima kelurahan di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, siap kerja bersama untuk peduli sungai di Gorontalo.

Tujuan dibentuknya komunitas itu adalah meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat Komunitas Peduli Sungai akan pentingnya menjaga dan melestarikan serta memelihara lingkungan sekitar sungai.

Pada deklarasi yang disaksikan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Minggu, komunitas peduli sungai siap untuk memulihkan air dan melestarikan sungai di seluruh provinsi Gorontalo.

Lalu membangun kesadaran, kepedulian dan kemauan bekerja secara aktif menjaga kebersihan, kesehatan dan kelestarian sungai Gorontalo.

Melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi bersama dalam menjaga sungai dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.

Kemudian menyebarluaskan semangat gotong royong melindungi sungai dan lingkungan dari Gorontalo untuk seluruh Indonesia dan kelima, menjadikan sungai Bionga menjadi sungai terbersih di Indonesia pada tahun 2025.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap kegiatan itu bukan saja sampai pada deklarasi dan harus ditindaklanjuti dengan aksi bersih-bersih sungai

"Kita menyadari bahwa terjadinya banjir beberapa kali ini di karenakan sungai kita tidak bersih," ujarnya.

Untuk itu, kata Nelson, komunitas tersebut harus segera membuat program dan membenahi kelembagaan.

Untuk program tentunya harus melakukan penanaman pohon dari hulu hingga muara disertai bersih-bersih sungai.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018