Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo memonitor kondisi sungai Bulango dengan menggunakan perahu karet untuk melihat berbagai masalah dan potensi yang ada, Minggu.,

"Kami terus berkomitmen untuk mengatasi masalah banjir, dan tentunya harus dengan langkah yang konkrit dalam upaya penanganannya," ujar dia.

Pada penyusuran sungai tersebut, Nelson menemukan sejumlah masalah, seperti penambangan pasir, kerikil, sampah dari rumah tangga dan masyarakat, limbah peternakan, pabrik tahu dan lainnya.

"Kita tahu bersama, bahwa air merupakan sumber kehidupan, bisa untuk air minum, pariwisata dan lainnya, kita telah memulainya di Sungai Biyonga, dan akan juga melakukan penanganan serupa di sungai Bulango," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa sungai Bulango memiliki berbagai potensi, dan pihaknya akan melakukan beberapa program di sana.

"Selain itu dalam waktu dekat kita akan mengundang penambang pasir dan memberikan arahan serta imbauan agar tidak merusak lingkungan," tegasnya.

Bupati juga mengungkapkan bahwa sungai Bulango masih dalam kondisi yang bagus, namun daerah pinggiran sungai perlu dilakukan pembenahan dan pembersihan.

"Semua hal yang kita lakukan yaitu untuk mencegah terjadinya bencana banjir, oleh karena itu sejak tahun lalu, kita melakukan berbagai penanganan dari hulu hingga ke hilir," pungkasnya.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018