Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, memberi apresiasi pelaksanaan akreditasi di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), guna meningkatkan kualitas pelayanan sektor kesehatan.

"Untuk pelayanan yang paling utama adalah niat, kemudian ilmu. Soal akreditasi itu sudah menjadi kewajiban pemerintah. Yang penting puskesmas bisa melayani, bersih, tidak ada yang dikeluhkan dan partisipasi masyarakat ada," kata Pelaksana tugas Wali Kota Gorontalo Budi Doku, Senin.

Menurutnya, ketika ada partisipasi masyarakat di puskesmas, maka hal itu menunjukan ada penilaian bagus untuk pemerintah setempat dan tenaga kesehatan.

Lanjutnya, saat kepercayaan masyarakat meningkat, maka yang perlu adalah akuntabel atau segala sesuatu yang dikerjakan oleh petugas kesehatan dan pemerintah bisa dipertanggungjawabkan.

"Petugas kesehatan harus fokus pada tugas utamanya, melayani masyarakat. Kalau ada kerja lain tidak masalah, asal jangan sampai menganggu tugas utamanya di bidang pelayanan kesehatan," katanya lagi.

Budi Doku juga mengingatkan agar pegawai di bidang kesehatan bisa bekerja dengan ikhlas, karena ke depan masih banyak tugas yang tertunda. Ia mencontohkan daerah lain yang lebih maju di bidang pelayanan kesehatan. Maka dari itu, akreditasi puskesmas sangat penting untuk dilakukan.

Lanjutnya, negara harus hadir untuk melayani masyarakat, sebab gaji pegawai kesehatan, rumah sakit, puskesmas dan lain sebagainya bersumber dari uang rakyat.

Untuk itu ia mengingatkan agar jangan sampai memberatkan masyarakat.

"Daerah lain sudah menggunakan istilah `rampas bola` untuk melayani kesehatan. Kalau ada yang sakit di rumah, petugas medis langsung menjemput untuk beri pelayanan kesehatan," ujarnya.

Budi juga mengatakan menaikan honor dan tunjangan pegawai kesehatan jika kinerja mereka lebih baik dari sekarang.

Pewarta: Febriandi Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018