Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Sebanyak 50 personil polisi dari Polres Gorontalo Kota, mengamankan perayaan arak-arak Cap Go Meh di Tempat Ibadah Tridharma (TITD) Tulus Harapan Kita, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kapolres Gorontalo Kota Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yan Budi Jaya, Jumat, mengatakan pengamanan tersebut dilakukan agar perayaan Cap Go Meh dapat berjalan aman dan lancar.

"Personil yang dilibatkan adalah Sabhara dan Lalu Lintas karena berkaitan dengan rute pawai Cap Go Meh ini, sedangkan personil dari Polsek kita tempat kan di titik mulai pawai yaitu dari kelenteng," ujar Kapolres.

Untuk strategi pengamanan, Kapolres menjelaskan pihaknya menempatkan personil di semua rute yang akan dilalui untuk merekayasa arus lalu lintas agar tetap lancar.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, silahkan mengikuti dan menyaksikan perayaan Cap Go Meh yang meriah ini, dan mari sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan," kata dia, lagi.

Dalam rangkaian perayaan Imlek, Kapolres mengungkapkan bahwa perayaan di Kota Gorontalo berlangsung aman.

Pawai Cap Go Meh di Kota Gorontalo diramaikan oleh arak-arak Kio, atraksi barongsai naga dan macan, Tanchi serta pawai anak-anak yang mengenakan berbagai kostum khas Tiongkok.

Perayaan Cap Go Meh di Gorontalo dapat dilaksanakan usai umat Budha Tridharma melakukan sembahyang Goan Siao yaitu meminta izin atau bertanya kepada Dewi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018