Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kondisi laut yang kurang bersahabat bagi nelayan menyebabkan harga ikan segar di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, naik karena kurangnya stok.

Pantauan ANTARA, Senin, sejumlah pedagang ikan di pasar Limboto mengaku sejak tiga hari terakhir harga ikan mengalami kenaikan hingga Rp5ribu hingga Rp10ribu/kg.

Apet, salah seorang pedagang ikan mengaku ikan jenis Oci naik dari harga Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu/kg.

"Harga ikan segar naik, banyak faktor yang mempengaruhi, seperti kurangnya pasokan karena tangkapan yang berkurang maupun cuaca buruk," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa kenaikan harga ikan cukup mempengaruhi pendapatan mereka karena pembeli yang sedikit berkurang dan memilih membeli lauk jenis lain.

Hal serupa diungkapkan Tahir, menurut dia kurangnya stok ikan karena kondisi cuaca seperti angin kencang dan ombak tinggi yang melanda perairan Gorontalo saat ini.

"Untuk itu kami sebagai penjual juga menyesuaikan harga beli kami dari nelayan dengan harga jual kepada konsumen, karena permintaan ikan selalu ada dilapaknya walaupun harga tinggi," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa untuk ikan jenis lajang, saat ini dijual Rp45 ribu/kg naik dibanding harga normal yaitu Rp25 ribu-Rp30 ribu/kg.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018