Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan pemerintah setempat menggandeng TNI dan Polri untuk menerapkan program padat karya di daerah.

Kerja sama tersebut diseriusi dengan penandatangan nota kesepahaman antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Panglima Kodam XIII Merdeka Mayjen Ganip Warsito dan Kapolda Gorontalo Brigjenpol Rachmat Fudail bertempat di Hotel Peninsula, Manado, Sulawesi Utara.

Ruang lingkup dalam nota kesepaham tersebut yakni perencanaan, pra kondisi, persiapan lapangan, pelaksanaan, pengamanan serta pemantauan dan evaluasi.

Bentuk kerja sama beragam diantaranya pembangunan fasilitas publik, infrastruktur jalan dan jembatan serta program penghijauan di daerah.

"Kami MoU dengan TNI-Polri untuk program padat karya. Misalnya untuk pembangunan sekolah di daerah pelosok yang sulit diakses, jalan dan jembatan itu kita swakelola," ujarnya di Gorontalo.

Keterlibatan TNI-Polri juga diharapkan dapat mensukseskan program penghijauan dan reboisasi hutan Gorontalo.

Menurutnya program penanaman pohon tidak bisa hanya mengandalkan pihak swasta berdasarkan sistim proyek, yang cendrung habis ditanam tapi tidak dirawat.

"Nah ini kita coba dengan menggandeng TNI-Polri. Jadi masing- masing diberi lahan untuk ditanami pohon dan dirawat. Pola ini sudah kami mulai tahun lalu," lanjutnya.


 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018