Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dari 42 orang calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo yang mengikuti seleksi tertulis "Computer Assisted Test" (CAT), tujuh orang dipastikan gugur dan tidak bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Femmy Udoki, usai mengumumkan hasil CAT, mengatakan nilai yang diperoleh setiap peserta murni merupakan hasil pengisian jawaban oleh mereka sendiri.

"Jadi setelah mereka selesai menjawab soal, langsung keluar nilainya, kami tinggal melakukan perengkingan untuk menyisahkan 35 orang, yang masuk ke tahap selanjutnya," kata Femmy? Rabu.

Ia menegaskan nilai perengkingan yang diumumkan murni sesuai dengan hasil bobot nilai yang mereka dapati usai menjawab soal.

Seleksi ujian CAT cukup ketat, peserta hanya diperbolehkan membawa KTP, dalam ruangan pun dilengkapi dengan kamera

CCTV, dan pengacak signal, sehingga dijamin transparansinya.

"Ada sekitar 120 soal, yang harus dikerjakan selama kurang lebih 100 menit, dan 80 persen materi yang diujiankan mengenai kepemiluan," jelasnya.

Selanjutnya 35 orang yang dinyatakan lolos, akan mengikuti psikotes pada tanggal 9 Maret, dan dari hasil tersebut hanya akan diambil 30 orang dengan nilai tertinggi, yang masuk tahap seleksi kesehatan dan wawancara.

Untuk tes kesehatan, ada tiga item yaitu ada tes jasmani, rohani (Minnesota Multiphasic Personality Inventory-MMPI) mengukur psikopatologi, dan terakhir bebas Narkoba.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018