Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengakui kalau daerah itu memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa dioptimalkan untuk menggerakan perekonomian di daerah.

"Masyarakat Bone Bolango patut berbangga dengan banyaknya potensi pariwisata dan kekayaan alam yang ada. Ini harus dioptimalkan lebih giat lagi," kata Bupati belum lama ini.

Ia mencontohkan pada kegiatan "Danau Perintis Dangdut Festival" pekan lalu, yang banyak "dijual" adalah potensi pariwisata danaunya, selain karena keindahan, juga untuk membantu warga sekitar menggerakan ekonominya.

Kekayaan alam utama di daerah itu adalah keindahan laut yang banyak menyimpan biota laut, termasuk sumber produksi perikanan.

Kemudian potensi alam gunung, hutan, lahan persawahan. lalu ditambah dengan komoditi khas Kopi Pinogu, gula aren, dan lainnya.

"Itu semuanya hanya ada di Kabupaten Bone Bolango," kata Bupati.

Khusus sektor pariwisata yang telah dikelola oleh pemerintah daerah dan masyarakat, mulai dari air terjun Ilohu`uwa di Kecamatan Bone, Taman Laut Olele, Pantai Botutonuo, Pantai Molutabu, dan Bukit Cinta di Kecamatan Kabila Bone.

Selain itu, ada obyek wisata puncak NKRI, pemandian air panas Lombongo, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), Danau Perintis, Ulantha Hill, Center Point, Pemandian Meranti, Makam Pahlawan Nasional, Makam Hubulo.

"Itu semua adalah kekuatan kita di daerah yang dari satu sektor saja, yaitu pariwisata," jelas Hamim Pou.

Menurutnya, yang perlu digenjot saat ini adalah promosi yang perlu dilakukan terus menerus, melibatkan semua pemangku kepentingan.

"Promosi tidak hanya di daerah itu sendiri atau skala nasional, harus bisa menembus dunia internasional, sehingga bisa menjadi destinasi wisata dunia," tambahnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018