Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Gorontalo yang terletak di Kelurahaan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo resmi beroperasi.

TTIC mulai bisa digunakan setelah Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meresmikan pemanfaatannya pada Sabtu (10/3) .

Wagub mengatakan pembangunan TTIC tersebut menjadi bagian dari upaya pemerintah, untuk menjaga ketahanan pangan bagi warga.

Selain itu, TTIC diharapkan dapat menyediakan distribusi berbagai komoditi yang dibutuhkan warga dengan harga yang murah.

"Untuk menjaga agar tidak ada yang lapar. Sebab kalau rakyat lapar maka pemerintah tidak sukses. Kalau rakyat lapar, maka pasti muaranya pada keamanan dan ketertiban. Ini merupakan tugas pokok dan fungsi pemerintah bagaiaman pangan itu tersedia dan terdistribusi dengan baik," jelasnya di Gorontalo.

Wagub berharap agar Toko Tani yang berkerjasama dengan Kementrian Pertanian ini, dapat memperhatikan tiga aspek yakni jumlah pangan yang tersedia, beragam jenisnya dan mutu yang terjaga.

Ia juga berharap agar toko tersebut bisa berkesinambungan.

"Jangan hari ini diluncurkan, besok ditutup. Makanya harus dipikirkan matang-matang. Harus dihitung dengan data, kebutuhan apa yang dicari masyarakat. Harga pangan apa yang lagi naik, sehingga toko ini bisa menjual dengan harga yang murah," tambahnya.

TTIC Gorontalo merupakan bagian dari TTIC yang dibangun di berbagai daerah. Toko ini menampung berbagai kebutuhan komoditi seperti beras, umbi-umbian, minyak goreng, tomat dan cabe.

Selain dipasok oleh kelompok petani, TTIC bekerjasama dengan para distributor dan Bulog.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018