Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menargetkan peningkatan jumlah kunjungan pariwisata di daerah itu setiap tahun.

Hal itu diungkap Kepala Dispar setempat, Frits Ano, Selasa, di Gorontalo, yang menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2018 ini lebih dari 10 ribu orang.

"Semoga target ini tidak muluk-muluk dan mampu dicapai, apalagi tahun ini ada beberapa agenda pariwisata termasuk berskala nasional yang akan digelar, diantaranya Festival Pulau Saronde dan Festival Mandi Safar, serta inovasi promosi dan publikasi objek wisata bahari yang dimiliki didukung keberadaab 52 pulau cantik," ujar Frits, Selasa, di Gorontalo.

Jika tahun 2017 kunjungan wisatawan baik manca negara maupun nusantara belum menembus 5.000 kunjungan, maka target diatas 10.000 bahkan diharapkan lebih tinggi, bisa dicapai tahun ini.

Diakuinya, kendala minim anggaran membuat pihaknya cukup mengalami kesulitan namun melalui beragam inovasi termasuk "story telling" tentang objek-objek wisata bahari andalan di daerah ini, diharapkan akan mampu meningkatkan minat kunjungan.

Makanya kata ia, para Aparatur Sipil Negara (ASN) pun diminta untuk ikut mempromosikan objek wisata andalan yang dimiliki saat mereka melakukan perjalanan dinas ke luar daerah.

Disamping dukungan masyarakat luas untuk membantu mempromosikan potensi wisata yang dimiliki.

"Banyak beragam media sosial, diharapkan seluruh elemen masyarakat ikut mempromosikan pariwisata daerah ini melalui akun masing-masing dan kami siap membagikan dokumentasi objek wisata yang dimiliki daerah ini," ujarnya.

Data bidang destinasi Dinas Pariwisata, menunjukkan minat kunjungan wisatawan manca negara ke daerah ini belum menembus angka 1.000 kunjungan di tahun 2017.

Meski kunjungan wisatawan nusantara stabil di angka 1.000 kunjungan, bahkan objek wisata Oile, dikunjungi lebih dari 3.000 wisatawan sesuai data pihak pengelola.

Maka tahun 2018 ini, pihaknya kata Frits, berupaya meningkatkan target kunjungan, seiring upaya publikasi, promosi dan peningkatan infrastruktur pendukung termasuk dukungan dari pemerintah pusat.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018